Barcelona Harus Meminta Bantuan Lionel Messi

Berita88Bola.com. Ernesto Valverde mengatakan alasannya Barcelona harus memainkan Lionel Messi pada kemenangan Barcelona 2-0 atas Deportivo Alaves. Pada laga lanjutan La Liga 2018/19, Rabu (24/4) dini hari WIB tadi. Menurutnya, Messi dibutuhkan agar dapat memastikan kemenangan Barcelona.

Barca saat ini sangat bergantung kepada Lionel Messi. Valverde pernah beberapa kali sengaja mengistirahatkan Messi pada laga-laga yang tidak terlalu sulit. Akan tetapi tim Barca selalu tampil tidak maksimal jika tanpa Messi.

Hal yang sama terjadi pada pertandingan tersebut. Messi tidak bermain sejak awal pertandingan dengan maksud memberinya waktu istirahat, tetapi pada akhirnya Valverde terpaksa harus menurunkan Messi di babak kedua meski Barca sudah unggul dua gol.

Mengapa Valverde mengambil keputusan itu? Baca pengakuan selengkapnya di bawah ini ya

Barcelona Harus Menurunkan Messi

Sebenarnya Valverde bisa saja untuk tidak menurunkan Messi. Barca sudah unggul dua gol lewat gol Carles Alena di menit ke-54 dan gol Luis Suarez di menit ke-60. Dan Messi baru bermain di menit ke-61.

Namun, ternyata keputusan memainkan Messi sudah dibuat pada jeda paruh waktu. Saat itu Barca tampil buruk di babak pertama dan bisa saja kebobolan beberapa gol lewat peluang-peluang berbahaya yang diciptakan Alaves.

“Gagasannya adalah bahwa Messi akan bermain karena hasil pertandingan yang belum jelas ketika babak pertama berakhir tanpa gol,” kata Valverde kepada Marca.

“Ada yang mengatakan bahwa ini soal sepatu emas, tetapi kami hanya berfokus untuk menang. Sudah waktunya bagi Messi untuk mendapatkan waktu istirahat dan baru bermain di babak kedua.

Tetap Terlibat

Lebih lanjut, Valverde mengaku keputusannya yang diambil itu juga mempertimbangkan faktor psikologis pemain. Dia tidak akan menepikan pemain begitu saja dan tidak melibatkannya pada pertandingan, sebab hal itu dapat menumpulkan kemampuan pemain mereka.

“Baik bagi pemain untuk tetap bermain dan aktif. Anda tidak dapat mengabaikan mereka lalu hanya memainkan mereka untuk satu pertandingan.”

Lalu, soal Carles Alena yang membuktikan kemampuannya dengan menghasilkan satu gol, Valverde menjawab: “Alena adalah pemain yang memiliki kemampuan finishing dan menembak yang sangat baik. Dia datang dalam posisi menyerang, dia membaca alur permainan, dan dia menciptakan suasana di mana kami bisa menyulitkan lawan,” tutupnya.

, , , , ,