La Liga Berpotensi Kehilangan Rp11,7 Triliun

Berita88Bola.com La Liga berpotensi kehilangan pendapatan senilai Rp11,7 triliun pada saat ini. Otoritas La Liga kabarnya resmi menunda kompetisi La Liga dan Segunda Division dalam dua pekan ke depannya.

Pihak La Liga baru saja membuat sebuah keputusan penting pada saat beberapa waktu lalu. Dikarenakan mereka mendapatkan kabar bahwa pemain basket Real Madrid positif terkena virus corona. Setelah mendapatkan kabar tersebut pihak La Liga langsung menunda semua jadwal pertandingan mereka.

La Liga Mempertimbangkan kondisi yang beredar pada pagi ini, yaitu Real Madrid yang memutuskan untuk mengkarantina pemain mereka. Sehingga juga terdapat kemungkinan ada pemain dari klub lain yang positif terkena virus corona. Oleh sebab itu La Liga memutuskan untuk menunda jadwal pertandingan mereka terlebih dahulu.

La Liga bukanlah kompetisi pertama yang ditunda akibat dari virus corona. Di Eropa, sudah ada Liga Serie A yang ditunda untuk waktu yang belum ditentukan. Lalu, terdapat juga beberapa laga di Liga Europa yang harus ditunda akibat virus tersebut.

La Liga Secara Ekonomi Berpotensi Kehilangan Rp11,7 Triliun

Virus corona atau Covid-19 telah menjadi sebuah virus yang ditakuti di seluruh dunia pada saat ini. Virus yang penyebarannya diduga berasal dari daerah Wuhan, Cina, tersebut membawa dampak yang sangat besar bagi sepak bola dunia. La Liga menjadi salah satu kompetisi yang terkena dampak akibat virus tersebut.

Keputusan La Liga untuk menunda pertandingan mereka selama dua pekan tentu saja membawa dampak yang besar dari sisi ekonomi mereka. La Liga berpotensi kehilangan pendapatan dalam jumlah yang sangat besar jika pertandingan ini ditunda selama dua pekan kedepan.

Jika La Liga menghentikan kompetisi pada pekan ini, mereka diduga akan kehilangan pendapatan senilai 700 juta euro atau Rp11,7 juta triliun. Total kerugian tersebut dihitung dari nilai hak siar, tiket musiman, tiket laga biasa, dan kerjasama komersial lainnya.

La Liga kabarnya memiliki potensi meraih pendapatan senilai 494 juta euro hanya dari hak siarnya saja. Sedangkan, untuk Segunda Division, mereka bisa mendapatkan hak siar sebesar 55 juta euro. Masing-masing hak siar masih memiliki 11 pekan untuk ditayangkan.

Sikap Tegas Dari La Liga

Sejauh ini, belum ada kabar tentang pemain sepak bola di Spanyol yang positif terjangkit virus corona. Akan tetapi, pihak La Liga sudah mengambil keputusan tegas dikarenakan terdengar kabar dari pemain basket Real Madrid yang positif terkena corona.

Sikap yang sama juga sudah diambil Serie A dengan menunda pertandingan hingga batas waktu tidak ditentukan. Bundesliga dan Ligue 1 kabarnya akan menggelar pertandingan tanpa penonton namun terdapat kemungkinan mereka akan menundanya juga..

Sejauh ini, terlihat sisa Premier League lah yang belum membuat keputusan resmi terkait virus corona omo. Padahal, sudah ada terdapat Mikel Arteta dan Callum Hudson-Odion yang sudah dikabarkan positif terkena corona. Premier League terlihat baru saja menunda dua pertandingan yang melibatkan Arsenal pada saat melawan Man City dan Brighton.

, , , , , , , , , , , , ,